-->

Ang Mga Kaibigan ni Mama Susan [Review]

 

Galo, seorang mahasiswa atau anak SMA kali ya, ya inti nya dia siswa lah yang mengalami mimpi yang sama setiap malam nya, inti nya mimpi nya seram lah dan didalam mimpi nya dia selalu di datangi oleh mahluk yang badan nya hitam, lebih ke gosong sih kalo di lihat lihat.

Galo ini tinggal menumpang dirumah paman nya, bersama bibi dan sepupu-sepupu nya yang menuduh nya mencuri barang-barang mereka, Galo ini juga dimarahi terus sama bibi nya, dan sibuk disuruh suruh mulu sama mereka.

Galo cerita bahwa paman bertengkar sama bibi nya dan dia masuk dalam pusaran pertengkaran itu, si bibi percaya bahwa paman nya selingkuh sama majikannya Nancy.

Di film ini kita akan dicerikan oleh Galo keseharian nya dia sampai dia mati, ya emang gitu alur cerita nya, di awal film kita akan disuguhkan cerita Galo yang diungsikan oleh orang tua nya ke Manila untuk sekolah padahal di kampung nenek nya punya sekolah sendiri, bahkan karena orang dalam biar gak masuk pun nilai dia tetap bagus, namun sekolah nya itu kebakaran jadi lah Galo sekolah di kota. Galo sendiri juga gak yakin bakal namatin sekolah nya secara yang membayar uang sekolah nya ini gak jelas siapa, namun yang Galo tau tiap bulan dia dikirimin uang sama ayah nya yang kata nya jadi kerja dikapal pesiar, namun lagi-lagi Galo ini gak yakin kebenaran nya.

Ditengah chaos nya hidup, Galo ini naksir cewek cantik, Andrea nama nya, dan Galo ini udah mutusin pacar nya dan digamparlah dia, cuma ya adegan nya yang berakhir begitu saja.

Singkat cerita ada telegram datang, kan cerita nya Galo ini hidup di tahun 1999 akhir ya jadi masih pake telegram sama telepon rumah. isi telegram nya dikasih tau sama bibi nya, bahwa ayah Galo dah meninggal, Galo nangis sejadi jadi nya.

Galo pun memutuskan buat pulang kampung, kampung nya jauh banget mana bus nya bobrok juga, dah kaya di Indo. Setelah perjalanan panjang Galo sampe dirumah nenek nya, rumah nenek nya serem anjir, banyak daun berserekan terus kaya rumah gak keuruslah.

Nenek nya nyambut Galo dengan senang, galo dibuatin makanan, terus banyak orang yang nganterin makanan gitu kerumah nenek nya, inti nya nampak kalo keluarga Galo ini orang kaya lah ya. Nenek nya juga minta sama Galo buat gak sekolah lagi, sekolah tuh gak penting, gitu lah kira-kira.

Waktu makan Galo minta nenek nya buat nanti antarin Galo ke makam ayah nya, cuma nenek nya kaya nanti aja gitu gitu lah, inti nya tuh kaya nolak gitu.

Berhari hari Galo dirumah nenek nya, Galo jarang ketemu nenek nya, terus mimpi buruk Galo ini makin menjadi jadi, suara jangkrik disekitaran rumah itu juga aneh, kaya berusaha ngasih tau suatu hal.

Hingga suatu hari Galo terbangun jam 3 subuh, rumah nenek nya penuh sama orang - orang lagi baca mantra gitu, awal nya Galo cuek dan berusaha gak terlibat sama kegiatan aneh itu.

Di siang hari nya Galo nemukan bahwa di gubuk nya ada sepasang kakak beradik, kakak nya bernama Niko, dan adik nya bernama Jezel, saat ditanya Galo mereka nih siapa, Niko bilang kalo mereka anak nya tina, yang Galo kenal sebagai orang yang dulu nya ngerawat dia saat kecil,mereka ini kaya kelaparan gitu, jadi sama Galo di bawa masuk ke rumah nenek nya, cuma Jezel gak mau, dia kaya ketakutan gitu. Cuma aneh nya, malam nya mereka ini masuk terus makan bareng Galo dan Nenek nya, nenek nya juga bilang kalo mereka bahkan punya kamar di rumah, cuma karena mereka ini penuh rasa penasaran jadi nya tinggal di luar gitu lah, ya inti nya main hingga lupa waktu. 

Dari mereka berdua lah Galo akhir nya tahu kalo ayah nya sudah meninggal lama, dan mereka tuh bukan nya main gak ingat waktu, cuma Jezel ketakutan sama nenek nya Galo, selain itu mereka ini manggil nenek nya Galo sebagai Mama Susan.

Mimpi Galo semakin menjadi, bahkan dia memimpikan bahwa nenek nya berada di depan pintu kamar nya dan menjelaskan bahwa orang tua Galo orang yang hina, mama nya melissa dihukum rajam di timur tengah dan dia gak punya hubungan darah sama Galo, musti nya Galo jangan memanggilnya nenek namun Mama Susan.

Suasana dirumah nenek nya semakin aneh, bahkan saat Galo jalan - jalan di desa orang - orang menatap Galo dengan aneh, bahkan saat nenek nya sakit keras mereka mengobati nenek nya dengan cara cara ajaib. Galo yang tak tahan mencoba kembali ke Manila dengan mengajak Niko dan Jezel, bodoh nya mereka kabur saat hujan badai, dan sial nya lagi Galo ketusuk duri saat bersembunyi di pantai. Nasib sial membawa Galo kembali kerumah nenek nya. 

Singkat cerita Galo yang gak bisa kemana-mana menemukan ruang aneh dirumah nenek nya, dan menemukan karangan bunga yang sudah usang bernama nenek nya, Galo pun mencurigai bahwa nenek nya sudah lama tiada. Galo yang panik pun akhir nya kabur dan bersembunyi disebuah gereja dan pastor yang dia temui berkata bahwa orang di desa ini sudah lama ditinggalkan pemerintah, mereka tidak mau menerima bantuan pemerintah dan mempercayai bahwa ada nya tuhan lain dan kekuatan lain yang akan membantu mereka. 

Galo mendengar hal tersebut lalu kembali kerumah dan menemukan nenek yang sedang terbaring di kamar nya itu akhir nya diputuskan meninggal dan mereka lalu membuat pemakaman aneh, dimana Galo rupa nya ditumbalkan untuk penukaran raga, Galo yang tersadar lalu kabur bersama Jezel, dan bersembunyi di dalam gubuk tempat mereka bertemu. Aneh nya timbul timbul Jezel menghilang dan ada raksasa yang mencoba melihat ke arah Galo.

Arak - arakan mayat nenek nya pun lewat dihadapan Galo, dan rupa nya itu bukan mayat nenek nya melainkan mayat Galo, lalu dia berlari kembali kerumah nenek nya dan mendapati nenek nya sudah terbang diatas atap rumah nya.

Plot film ini cukup panjang dan terlalu banyak plot yang masuk, penggambaran Galo sebagai anak baik-baik berhasil, namun interaksi antara Galo dan tokoh tokoh di awal cukup minim. Galo sendiri rupa nya bukan anak baik-baik, dia mencuri barang-barang sepupu nya buat dia minum minum, menghamili pacar nya dan mengaborsi, dan bahkan teman nya dibuat masuk rumah sakit karena dikira dia itu Galo.

Yang buat bingung di film ini adalah waktu kematian Galo, karena gak ada flashback yang ngejelasin hal ini. Kalo menurut saya Galo itu sudah mati, saat dia bangun di altar dan menemukan ada mayat gosong disebelah nya. Kalo menurut kalian kapan? koment di bawah ya...



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kodok Curhat


0 komentar:

Posting Komentar