-->

MASKOT-MASKOT OLIMPIADE DARI MASA KE MASA

Schuss

Olimpiade Grenoble 1968

Nama "Shuss" dipilih oleh agensi yang ditugaskan oleh Panitia Pelaksana untuk mengiklankan Olimpiade di Grenoble.
Shuss adalah pria kecil di atas ski. Bagian atas kepalanya yang besar berwarna merah dan putih yang bertumpu pada kaki berbentuk flash zig-zag yang unik dan terdapat cincin Olimpiade di atas kepala nya.
Pencipta Shuss adalah Aline Lafargue.

Shuss tersedia di berbagai item seperti keyrings, pin, magnet, jam tangan dan bahkan pluit. 
Shuss dibuat terburu-buru tanpa perencanaan yang matang. Pada bulan Januari 1967, desainernya hanya memiliki satu malam untuk menyiapkan Shuss.


Waldi
 

Olimpiade Munich 1972

Waldi adalah maskot resmi pertama dalam sejarah Olimpiade Musim Panas. Dia adalah dachshund, hewan yang sangat populer di Bavaria, terkenal karena ketahanannya, keuletan dan ketangkasannya. Maskot ini memiliki beberapa warna yang berbeda: kepala dan ekornya berwarna biru muda, dengan tubuh bergaris yang menampilkan setidaknya tiga dari enam warna Olimpiade. Pencipta nya bernama Elena Winschermann.
Menurut buku The Olympic Marathon (2000), rute maraton Olimpiade pada tahun 1972 berhubungan dengan bentuk maskot tersebut. Dengan kepala anjing ke barat, rute dimulai di leher, dan para atlet berlari berlawanan arah jarum jam. Waldi lahir pada 15 Desember 1969 di pesta Natal Panitia Olimpiade Munich, di mana mereka yang hadir diberi krayon, lembaran kertas dan tanah liat untuk mendesain maskot. Waldi memiliki alter ego yang nyata, anjing bernama Cherie von Birkenhof, yang oleh Presiden Komite Games Munich, Willi Daume, berikan kepada Presiden Pers Asosiasi Olahraga Internasional (AIPS), Félix Lévitan, pada tahun 1970.



Amik

Olimpiade Montreal 1976

Maskot dalam olipmpiade ini bernanam Amik. Amik berarti berang-berang di Algonquin, bahasa yang tersebar luas di antara orang-orang Indian Amerika Utara di Kanada.
Amik muncul dengan strip merah yang menampilkan logo Montreal Games, yang melambangkan pita yang secara tradisional digunakan untuk medali pemenang. Ada juga versi dengan pita multi-warna, dalam warna Panitia Pengorganisasian. 

Pencipta Amik adalah Guy St-Arnaud, Yvon Laroche dan Pierre-Yves Pelletier, di bawah kepemimpinan Georges Huel . Amik merupakan hasil dari kompetisi nasional yang diadakan di Kanada untuk menemukan nama untuk maskot tersebut.
 

Pemilihan berang-berang dikarenakan hewan itu terkait erat dengan sejarah Kanada, ia muncul di balik koin lima sen dan berbagai perangko serta pada lambang Montreal dan Kingston, di mana kompetisi berlayar diadakan.Hewan ini dikenal karena kesabaran dan kerja kerasnya, dan telah menduduki peran penting dalam perkembangan Kanada sejak abad ke-16, ketika perdagangan bulu berang-berang menjadi aktivitas komersial utama di Amerika Utara.



Schneemandl

Olimpiade Innsbruck 1976

Schneemandl dalam bahasa inggris berarti "snowman" . Schneemandl mengenakan topi Tyrolean merah khas Innsbruck yang menjadi tuan rumah. Pencipta Schneemandl adalah Walter Pötsch. Schneemandl merupakan maskot yang sukses secara komersial. Selain diproduksi dalam bentuk t-shirt, boneka dan barang-barang lain nya , Schneemandl juga dibuat versi badut nya. 


Roni

Olimpiade Lake Placid 1980

Maskot Olimpiade Lake Placid adalah seekor rakun yang diberi nama Roni. Nama Roni dipilih oleh anak-anak sekolah Lake Placid yang berasal dari kata "racoon" dalam bahasa Iroquoian, bahasa penduduk asli dari wilayah Negara Bagian New York dan Lake Placid.

Racoon adalah hewan yang dikenal dari daerah pegunungan Adirondacks di mana Lake Placid berada. Fitur wajah racoon dan topeng hitam dan putih di sekitar matanya adalah gambaran dari kacamata hitam dan topi yang dikenakan oleh para atlet. Lima warna cincin Olimpiade dapat ditemukan pada beberapa versi Roni.
Pencipta Roni adalah Don Moss dari Capital Sports

Panitia Pengorganisasian juga menggunakan raccoon asli untuk mempromosikan Olimpiade. Karena nya mereka membawa dua penduduk Kebun Binatang Utica ke New York untuk mengambil bagian dalam pertunjukan di televisi nasional.



Misha dan Vigri

Olimpiade Moscow 1980

Misha Maskot Olimpiade Moscow yang memiliki nama lengkap Mikhail Potapych Toptygin. Misha dalam bahasa Rusia berarti Beruang. Beruang adalah hewan yang akrab di Rusia, muncul di banyak cerita populer, lagu, dan puisi. Misha mengenakan sabuk bergaris di pinggangnya yang terdiri dari lima pita dalam warna cincin Olimpiade. Sabuk nya terdiri dari lima cincin dalam satu warna. Pencipta nya Misha adalah Victor Chizhikov.

Beruang di pilih melalui sebuah survei yang dilakukan di antara pemirsa program TV
dan pembaca surat kabar olahraga tentang hewan yang akan akan digunakan untuk maskot. Sekitar 45.000 surat diterima dari seluruh Uni Soviet memilih hewan beruang untuk dijadikan maskot. Kemudian sekelompok seniman membuat 60 versi grafis dari maskot tersebut. Dan akhirnya versi yang dibuat oleh Victor Chizhikov, seorang ilustrator buku anak-anak terkenal, yang dipilih.Pada 15 Juni 1978, Misha berangkat dengan roket "Soyuz" untuk menghabiskan waktu di stasiun ruang angkasa "Salyut 6". 

Pada akhir Upacara Penutupan Olimpiade, Misha yang ukuran nya sangat besar mengucapkan selamat tinggal kepada 100.000 penonton di Arena sebelum diangkat oleh balon dan menghilang di langit.

Meskipun kurang terkenal daripada Misha, ada maskot lain yang merupakan seekor anjing laut bernamaVigri yang merupakan maskot dari dimulai nya kompetisi berlayar di Olimpiade 1980, yang diadakan di Tallinn.


 
Vučko

Olimpiade Sarajevo 1984

Vučko merupakan maskot Winter Games 1984 , seekor serigala, hewan yang biasanya ditemukan di hutan di wilayah Dinaric Alps. Melalui ekspresi wajahnya yang tersenyum, menantang atau serius, Vučko memberi penampilan yang agak ramah dan bahkan membantu mengubah citra hewan serigala yang biasanya ganas.
 

Pencipta maskot ini adalah Jože Trobec, seorang pelukis dari Slovenia yang merupakan pemenang dari kontes desain maskot yang diikuti oleh 836 peserta. Setelah seleksi awal, enam proyek dipilih, kemudian dilakukan voting melalui berbagai surat kabar dan majalah. Karya Serigala Jože Trobec menang telak atas finalis lainnya yaitu bola salju, kambing gunung, musang, domba, dan landak.
Serigala adalah tokoh terkemuka dalam dongeng Yugoslavia: ia mewujudkan keberanian dan kekuatan dan melambangkan musim dingin.

Vučko juga dibuat sebagai tokoh kartun oleh Nedeljko Dragic, yang diterbitkan dalam beberapa surat kabar harian Yugoslavia harian dan mingguan.



Sam

Olimpiade Los Angeles 1984

Sam adalah seekor elang yang terlihat ramah dan ceria yang menunjukkan optimisme semangat Olimpiade. Topinya menampilkan desain bendera nasional yang menunjukkan bahwa ia adalah bagian dari budaya Amerika. Pencipta Sam adalah C. Robert Moore dari Walt Disney Productions.

Sebelum elang, hewan yang dipilih sebagai maskot untuk Olimpiade di Los Angeles adalah beruang, lambang California. Ide ini kemudian tidak digunakan karena beruang telah digunakan untuk menjadi maskot di Olimpiade Moskow. Elang adalah burung pemangsa yang terkenal yang juga menjadi simbol bangsa Amerika.

Sebuah kartun pernah dibuat dengan menampilkan maskot Sam, dalam bentuk seorang detektif yang dapat menggunakan sihir mengeluarkan berbagai barang yang dapat dia gunakan dari dalam topi nya.



Hodori

Olimpiade Seoul 1988

Maskot olimpiade seoul 1988 bernama Hodori yang berasal dari kata  "Ho" dari Hodori berasal dari kata Korea yang berarti harimau, dan "Dori" yang merujuk pada maskulin. Nama itu dipilih dari 2.295 entri kompetisi yang diajukan oleh masyarakat umum.
Harimau merupakan hewan yang sering muncul dalam seni dan legenda populer Korea. Dengan citra positif, sering dikaitkan dengan humor, keberanian, dan kebangsawanan. Hodori memakai cincin Olimpiade di lehernya. Di kepalanya ada topi khas Korea tradisional, sangmo. Pita di topi itu berbentuk S untuk Seoul, dan muncul dalam berbagai bentuk.


Panitia Pengorganisasian mengadakan kontes untuk memilih maskot yang menghasilkan 4.344 entri. Empat kandidat terpilih - seekor kelinci, seekor tupai, sepasang bebek mandarin dan seekor harimau. Akhirnya harimau itu terpilih. Kim Hyun, pencipta Hodori, juga berada di balik lambang Asian Games pada tahun 1986. Meskipun kurang dikenal, Hodori memiliki versi perempuan yang bernama Hosuni. "Suni" adalah bahasa Korea untuk "gadis".  


Hodori juga ada dalam Buku kartun berjudul "Ayo Hodori" yang memenangkan hadiah utama dalam kontes penghargaan kartun Korea kategori anak-anak pada tahun 1988.


Hidy and Howdy

Olimpiade Calgary 1988

Olimpiade musim dingin ke-15 diadakan di Calgary, Alberta, Kanada. Olimpiade ini dibuka oleh gubernur Jeanne Sauvé. Jumlah atletnya ialah 1.423 (1.122 putra, 301 putri). Berlangsung pada 13 Februari hingga 28 Februari 1988.

Nama-nama maskot mewakili keramahan kawasan Calgary. Jadi Hidy adalah perpanjangan dari "hi", dan Howdy adalah singkatan dari "How", ucapan khas Amerika Barat. Nama-nama ini dipilih oleh 7.000 juri yang terdiri dari warga sipil selama kontes yang diselenggarakan oleh Kebun Binatang Calgary.


Hidy dan Howdy adalah beruang kutub, simbol daerah Arktik yang terletak di utara benua Amerika. Mereka mengenakan topi dan pakaian ala “Barat”. Pencipta nya bernama Sheila Scott, dari Great Scott Productions. Howdy dan saudara perempuannya Hidy adalah maskot pertama yang sepasang.

Awal nya pihak panitia akan menggunakan hewan beruang coklat untuk dijadikan maskot karena beruang cokelat identik dengan teddy bear, boneka yang sudah banyak di kenal masyarakat dunia, Namun karena beruang cokelat sudah digunakan untuk Olimpiade Moskow 1980 , Akhirnya, beruang kutub yang mereka gunakan . Selain itu beruang kutub merupakan hewan yang aktif di musim dingin karena tidak melakukan hibernasi sehingga cocok untuk menggambarkan Olimpiade Calgary yang diadakan di musim dingin.

Magique

Olimpiade Albertville 1992

Olimpiade musim dingin ke-16 diadakan di Albertville, Perancis. Maskot dalam olimpiade ini bernama Magique yang berarti Sihir. Beberapa studi, dibiayai oleh Panitia Pelaksana (OCOG), untuk menemukan nama untuk maskot, tetapi pada akhirnya tidak ada yang dipilih. Namun, saat membaca ulang nama nama yang pernah di ajukan oleh pencipta nya , Philippe Mairesse , mereka menyadari bahwa kata “magique” muncul beberapa kali. OCOG pun akhir nya memutuskan untuk memberi nama maskot tersebut magique.
 
Magique berbentuk pergabungan bintang dan kubus, Magique adalah maskot pertama yang bukan binatang sejak Olimpiade Innsbruck 1976. Bentuk bintangnya melambangkan mimpi dan imajinasi dan warna-warnanya berasal dari bendera Prancis.

Awalnya, maskot yang dipilih adalah kambing gunung, yang dibuat oleh ilustrator Michel Pirus. Namun maskot tersebut tidak digunakan dan diubah menjadi bentuk bintang , dua tahun sebelum dimulainya Olimpiade.

Maskot itu memiliki peran pedagogis dengan tujuan memberi tahu 7.924 relawan Games, OCOG untuk memilih program pengajaran yang dibantu komputer. Karena nya Magique muncul di berbagai modul dan permainan mengajar.



Cobi

Olimpiade Barcelona 1992

Cobi adalah kiasan untuk COOB'92, singkatan dari Barcelona'92 Olympic Organizing Committee. Nama itu dipilih karena sederhana dan mudah diucapkan di sebagian besar bahasa.
Cobi adalah anjing gunung Pyrenean yang digambar dalam gaya “Kubisme”. Awal nya terdapat reaksi beragam terhadap Cobi, Namun dia semakin populer selama bulan-bulan menjelang Olimpiade, dan akhirnya terbukti sukses besar. 

Pencipta Cobi adalah Javier Mariscal yang merupakan pemenang dari sebuah kompetisi desain maskot oleh Panitia Pelaksana olimpiade. Karya Mariscal dipilih dari karya enam desainer lain yang ikut berkompetetisi.
Kontribusi Mariscal untuk Olimpiade di Barcelona tidak terbatas pada Cobi. Dia juga mendesain karakter untuk Upacara Pembukaan yang mewakili lukisan dan budaya Spanyol.Cobi juga dibuat versi kartun nya yang mendapatkan 26 episode berjudul "The Cobi Troupe" mengisahkan petualangan Cobi dan teman-temannya. Serial ini menargetkan audiensnya berusia 5-12 tahun, dengan tujuan membuat maskot lebih dikenal luas dan mempromosikan Olimpiade di Barcelona. 




Haakon and Kristin

Olimpiade Lillehmmer 1994

Olimpiade musim dingin ke-17 diadakan di Lillehammer, Norwegia. Lillehammer terpilih pada tahun 1988 setelah mengalahkan Sofia, Anchorage, dan Östersund.

Nama-nama maskot merujuk pada tokoh-tokoh sejarah dari abad ke-13 yang takdirnya terkait erat dengan Norwegia dan wilayah Lillehammer: Håkon IV Håkonson, Raja Norwegia dari 1217 ke 1263, dan Putri Kristin, bibi Håkon IV Håkonson.
Haakon dan Kristin adalah maskot pertama dalam bentuk manusia, Haakon dan Kristin digambarkan sebagai dua anak yang ceria. Meskipun mereka mengenakan pakaian abad pertengahan yang mengacu pada akar sejarah mereka, mereka adalah anak-anak modern dan mengekspresikan minat dan visi anak muda, seperti kesadaran lingkungan.
Pencipta Haakon dan Kristin adalah Kari dan Werner Grossman yang berdasarkan ide oleh Javier Ramirez Campuzano
Ada delapan pasang anak-anak Norwegia yang masing-masing mewakili suatu wilayah di negara tersebut dipilih dari sekitar 10.000 kandidat berusia 10 hingga 11 tahun untuk memainkan peran "Haakon dan Kristin".


Haakon dan Kristin juga merupakan nama dari dua arena skating yang terletak berdampingan dan merupakan tempat menyelenggarakan acara Olimpiade dan Paralimpik pada tahun 1994.


Haakon dan Kristin sendiri memiliki cerita yang heroik di sejarah Norwegia . Di mana pada jaman dahulu ada dua marga, yang berseteru untuk mendapatkan kekuasaan yaitu marga Birkebeiner dan Baglers.
Håkon Håkonson adalah seorang anak kecil dari marga Birkebeiner yang memimpin pelarian diri dari Lillehammer melalui pegunungan dengan para pendukungnya. Sedangkan Kristin Sverrisdóttir adalah putri yang menikahi kepala Baglers, Filippus Simonsson, untuk membawa kedamaian ke dua kubu.



Izzy


Olimpiade Atlanta 1996

Izzy awalnya disebut "Whatizit", nama Izzy dipilih oleh 32 anak Amerika yang berusia 7 hingga 12 tahun dari lima nama berikut: Kirby, Starz, Zack, Gleamer, dan Izzy. Daftar singkat ini dihasilkan dari lebih dari 3.300 saran dari anak-anak di 16 negara berbeda.
Sebagai produk teknologi informasi, Izzy berwarna biru dan memakai sepatu olahraga. Kelima cincin Olympic ada di berbagai tempat di sekitar tubuhnya. Setelah Upacara Penutupan Olimpiade 1992 di Barcelona,Whatizit dirancang ulang dan diganti namanya oleh anak-anak Atlanta. Seiring waktu, mulut muncul di tempat pertama kali hanya ada bibir; bintang-bintang muncul di matanya; dan kakinya yang awalnya kurus menjadi lebih berotot. Akhirnya, hidung pun muncul di tengah wajahnya.
Pencipta Izzy adalah John Ryan, dari DESIGNefx
Izzy adalah maskot yang tidak biasa karena dia bukan binatang, atau sosok manusia, atau objek.Sebuah kartun pendidikan 30 menit diciptakan dan ditampilkan sepanjang musim gugur 1995 di saluran Cartoon Network yang menceritakan tentang perjuangan izzy
memenangkan lima cincin Olimpiade untuk bisa sampai ke Olimpiade. Selain itu Izzy juga merupakan tokoh utama dari video berjudul "Izzy Quest for the Olympic Rings".



Sukki, Nokki, Lekki dan Tsukki

Olimpiade Nagano 1998

Olimpiade musim dingin ke-18 diadakan di Nagano, Jepang. Nagano terpilih pada tahun 1991 setelah mengalahkan Aosta, Jaca, dan Östersund.

Maskot nya adalah empat burung hantu salju , burung salju sendiri merupakan lambang dari kebijaksanaan , sedangkan tulisan SNOWLETS merupakan pergabungan dari dua kata yaitu snow yang berarti salju dan lets yang berarti ayo / ajakan. selain itu gambar yang terkesan kekanak kanakan Melambangkan filosofi dasar dari Olimpiade Nagano yang diperuntukkan untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Ke empat burung hantu salju tersebut diberi nama Sukki, Nokki, Lekki dan Tsukki. Nama nama mereka memili arti api (Sukki), udara (Nokki), bumi (Lekki) dan air (Tsukki). Ke empat nama Snowlet tersebut dipilih dari 47.484 saran.

Pencipta dari keempat maskot tersebut adalah Associate Landor yaitu agensi yang bertanggung jawab merancang obor untuk Olimpiade Atlanta pada tahun 1996, dan maskot untuk Salt Lake City tahun 2002.

Awalnya, maskot Olimpiade Nagano adalah musang yang disebut Snowple namun kemudian diganti menjadi burung hantu salju. Burung hantu dalam mitologi Yunani dipercaya memiliki "kebijaksanaan hutan" dan burung hantu dikaitkan dengan Athena, dewi kebijaksanaan.

Syd, Olly and Millie

Olimpiade Sydney 2000

Syd, Olly dan Millie adalah tiga maskot dalam Olimpiade Sydney. Syd adalah singkatan dari Sydney, Olly dari Olympic dan Millie dari milenium baru, karena tahun 2000 juga dikenal sebagai tahun millenium ke 2. Syd, Olly dan Millie merupakan tiga maskot resmi yang pertama.
 
Syd adalah seekor platypus
berparuh bebek yang melambangkan air  , Olly adalah seekor kookaburra, yaitu hewan sejenis burung yang melambangkan udara dan Millie adalah seekor echidna atau spiny anteater yaitu hewan sejenis landak yang melambangkan tanah. Warna mereka sesuai dengan lambang Olimpiade, dan ketiganya merupakan contoh khas fauna Australia. 
Pencipta mereka adalah Matthew Hatton. Matthew Hatton dipilih setelah desain platypus berparuh bebek nya dipilih oleh panitia penyelenggara dan pemilihan kedua hewan lain nya dikarenakan untuk menghindari terpilih nya kanguru atau koala menjadi maskot. Sedangkan untuk pemilihan hewan maskot nya didasarkan pada survei di Australia dan negara lain. Kookaburra dan platipus berparuh bebek sendiri adalah dua lambang negara bagian Australia di New South Wales, di mana Sydney adalah ibu kotanya.

Olimpiade Salt Lake 2002



Powder, Copper dan Coal merupakan nama maskot dari olimpiade 2002 yang diadakan di Salt Lake, Utah. Powder, Copper dan Coal jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Serbuk, Tembaga dan Batubara yang merupakan acuan untuk sumber daya alam Utah, selain salju dan tanahnya.

Powder, Copper dan Coal dipilih oleh lebih dari 42.000 anak sekolah dan mengalahkan pilihan lain untuk nama Sky, Cliff, Shadow dan Arrow, Bolt, Rocky.
Powder adalah kelinci snowshoe, Copper adalah seekor coyote dan Coal adalah seekor beruang hitam. Kecepatan kelinci, kemampuan coyote untuk mendaki puncak gunung tertinggi dan kekuatan beruang hitam mengilustrasikan motto Olimpiade yaitu Citius, Altius, Fortius (lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat).

Inspirasi untuk maskot berasal dari budaya Utah kuno. Masing-masing mengenakan kalung yang menampilkan hewan yang diwakilinya dalam bentuk petroglyph (ukiran batu) dalam gaya Anasazis atau Fremont, masyarakat kuno dari wilayah tersebut. Selain itu, ketiga hewan itu sering menjadi protagonis utama dalam legenda Native American, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Powder, Copper dan Coal diciptakan oleh Landor / Publicis.
Sketsa pertama maskot dikirim ke beberapa kelompok masyarakat di tiga kota berbeda (Salt Lake City, Phoenix dan Milwaukee). Hasil nya sekitar 80 persen dari peserta, dari semua kelompok umur, memilih kelinci snowshoe, coyote dan beruang hitam.


Phevos and Athena

Olimpiade Athens 2004

Phevos dan Athena didasarkan dari dua dewa Olympus yaitu "Phoebos" yang merupakan nama lain untuk Apollo, dewa cahaya dan musik; dan "Athena" adalah dewi kebijaksanaan dan pelindung kota Athena. Kedua maskot melambangkan hubungan antara Yunani Kuno dan Olimpiade pada era modern.
Phevos dan Athena adalah saudara laki-laki dan perempuan. Mereka memiliki bentuk unik seperti boneka terakota yang disebut
"daidala" , yang memiliki bentuk yang khas seperti lonceng dari abad ke-7 SM. Mereka melambangkan kesenangan bermain dan nilai-nilai Olympisme. Pilihan saudara laki-laki dan perempuan disengaja untuk mewujudkan persatuan laki-laki dan perempuan, melalui persamaan dan persaudaraan. Phevos memakai tunik biru untuk mengingat laut dan warna lambang Olimpiade, sementara Athena memakai tunik jingga untuk mengingat matahari dan lambang Paralympic. 

Pencipta mereka adalah Spiros Gogos dari Paragraph Design. Spiros Gogos merupakan pemenang dari kompetensi merancang desain maskot yang diikuti oleh 196 proposal desain yang diserahkan oleh lembaga desain dan profesional dari seluruh dunia.
Selain menjadi mainan anak-anak,
di Yunani Kuno daidala memiliki fungsi simbolis . Biasa nya anak gadis sebelum mereka menikah akan mengorbankan boneka mereka dan pakaian mereka kepada para dewa untuk kemurnian dan kesuburan. Contoh boneka daidala yang menginspirasi dari maskot tersebut ditampilkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena.



Olimpiade Turin 2006

Neve and Gliz merupakan maskot dari olimpiade 2006 . Dalam bahasa Italia, "neve" berarti salju dan "gliz" adalah singkatan dari kata "ghiaccio", yang berarti es. Neve adalah bola salju dan Gliz adalah es batu. Bersama-sama, mereka mewakili elemen-elemen mendasar yang diperlukan untuk Winter Games . Neve yang berpakaian merah, dengan kontur cair dan bulat, melambangkan harmoni dan keanggunan gerakan. Sedangkan Gliz yang berpakaian biru dengan bentuk sudut yang halus melambangkan power dan kekuatan atlet.

Pembuatan maskot Olimpiade Turin dilakukan sebagai subjek dari kontes internasional, diluncurkan tiga tahun sebelum dimulainya Games. Javier Mariscal, pencipta maskot Barcelona pada tahun 1992, termasuk di antara anggota juri. Kontes ini terbuka untuk desain, periklanan dan agensi desain grafis serta desainer grafis independen. Lima finalis dipilih dari 237 proposal yang diterima dan karya dari Pedro Albuquerque , seorang desainer Portugis, yang dipilih oleh Kantor Presiden Komite Pengorganisasian sebagai maskot.

Neve dan Gliz juga dibuatkan versi kartun nya sebanyak 52 episode dengan durasi 1 menit dalam setiap episode nya , yang disiarkan di saluran TV Italia RAI 2 dan RAI 3 dari Oktober 2005 hingga Februari 2006 . Setiap episode mencakup subjek yang terkait dengan Olympisme: nilai, wilayah, olahraga, dll.





Olimpiade Beijing 2008

Setiap Maskot memiliki nama yang berima dengan mengulangi suku kata yang sama yang merupakan cara tradisional Cina dalam menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak. Jika dihubungkan kata awal dari nama nama maskot maka akan membentuk kalimat "Bei Jing Huan Ying Nin" yang berarti "Selamat Datang di Beijing". Kelima Maskot nya berbentuk "Fuwa", yang diterjemahkan sebagai "boneka keberuntungan".

Kelima Maskot mewakili lima elemen alami dan merupakan hewan populer di Cina ,selain maskot Huanhuan. Setiap maskot mewakili warna salah satu dari lima cincin Olimpiade. Masing-masing juga memiliki keinginan, karena itu merupakan cara tradisional dalam budaya Cina kuno untuk mengirimkan keinginan melalui tanda atau simbol.Beibei adalah seekor ikan yang melambangkan elemen air. Dia biru dan keinginannya adalah kemakmuran. Ombak di kepalanya didasarkan pada desain lukisan Cina tradisional.Jingjing
adalah seekor panda yang mewakili hutan. Dia berkulit hitam dan keinginannya adalah kebahagiaan. Lukisan porselen dari dinasti Song (960-1279 M) merupakan inspirasi bagi bunga lotus di kepalanya.Yingying adalah seekor antelope Tibet, mewakili bumi. Dia kuning dan keinginannya adalah kesehatan yang baik. Elemen dekoratif dari Cina Barat muncul di kepalanya.Nini, burung walet, melambangkan langit. Dia hijau dan keinginannya adalah keberuntungan. Desainnya terinspirasi oleh layang-layang Cina.
Huanhuan adalah anak api. Dia merah dan memancarkan gairah olahraga serta melambangkan api dan semangat Olimpiade. Seni gua Dunhuang menginspirasi hiasan di kepalanya, bersama dengan desain keberuntungan tradisional tertentu.


Panitia Pengorganisasi mengundang desainer grafis dan agen komunikasi di seluruh dunia untuk mengirim saran mereka untuk maskot untuk Olimpiade dan menarik lebih dari 3.000 pengajuan. Dan 
kemudian mereka memilih karya Han Meilin untuk dijadikan maskot.
Maskot ini juga mendapat kan serangkaian 100 episode kartun berjudul "Petualangan Olimpiade Fuwa" yang ditampilkan di lebih dari 100 saluran televisi di seluruh China, pada sistem transportasi umum di Beijing dan jaringan TV kereta api nasional China.

Miga, Quatchi, Sumi dan Mukmuk

Olimpiade Vancouver 2010

Miga, Quatchi, Sumi dan Mukmuk, adalah empat maskot yang menyambut para peserta Olimpiade Musim Dingin 2010 di Kota Vancouver, British Columbia, Kanada. Masing-masing dari maskot tersebut merupakan mahluk mitologi yang mendiami kawasan Kanada dan barat laut Amerika Serikat.

Keempat maskot ini di desain oleh Meomi design , yang merupakan pemenang ilustrasi dari 177 karya ilustrasi maskot yang menanggapi tender panitia penyelenggara olimpiade.

Miga adalah seekor beruang laut, binatang mitos yang diyakini juga sebagai beruang Kermode atau "Beruang Roh" yang hanya hidup di British Columbia.
Quatchi adalah sasquatch, karakter populer dari legenda lokal yang tinggal di hutan. Dia ditutupi bulu tebal dan memakai sepatu bot dan penutup telinga. Sumi adalah seekor burung yang diceritakan seringkali terlihat terbang menjelajahi lautan lepas dan permukaan salju yang luas di kawasan Vancouver. Sumi merupakan simbol dari sosok yang mencintai alam dan mahluk hidup. Maskot terakhir Mukmuk, merupakan hewan sejenis marmut yang sangat ramah. Nama Mukmuk sendiri diambil dari bahasa Suku Chinuk Wawa yaitu “muckamuck” yang berarti ‘makanan/makan’, sehingga maskot ini menyimbolkan gairah yang besar untuk mendapatkan kepuasan, terutama dalam prestasi dan raihan kehidupan.


Namun dari ke empat maskot hanya Miga dan Quatchi yang dijadikan Official maskot oleh komite olimpiade , sedangkan Mukmuk meskipun lebih populer dari Miga dan Quatchi dijadikan maskot  unofficial oleh pihak penyelenggara.


Wenlock dan Mandeville

Olimpiade London 2012

Wenlock adalah maskot resmi untuk Olimpiade Musim Panas 2012, dan Mandeville adalah maskot resmi untuk Paralimpiade Musim Panas 2012, keduanya diadakan di London, Inggris. Mereka diciptakan oleh Iris, agen kreatif yang berbasis di London. Maskot ini diresmikan pada tanggal 19 Mei 2010.
Nama Wenlock terinspirasi oleh Much Wenlock di Shropshire, Inggris, di mana pada tahun 1850, Wenlock Olympian Society menyelenggarakan Olimpiade Olimpik pertamanya, yang dianggap sebagai inspirasi untuk Olimpiade modern. Lima cincin pertemanan di pergelangan tangannya sesuai dengan lima cincin Olimpiade, dan tiga titik di kepalanya mewakili tiga tempat di podium. Pola di tubuhnya melambangkan seluruh dunia datang ke London, Dan bentuk helmnya mewakili bentuk Stadion Olimpiade. 


Sedangkan Mandeville dinamai berdasarkan Rumah Sakit Stoke Mandeville di Aylesbury, Buckinghamshire. Pada tahun 1948, Rumah Sakit Stoke Mandeville mengorganisasikan Stoke Mandeville Games yang pertama, yang dianggap sebagai pendahulu Paralympics. Tiga paku di helm Mandeville mewakili Paralympic Agitos. Dia juga mewakili persahabatan.



Olimpiade Sochi 2014

Olimpiade Musim Dingin 2014, secara resmi bernama XXII Olympic Winter Games, atau Olimpiade Musim Dingin ke-22, adalah ajang Olimpiade Musim Dingin yang digelar di Sochi, Rusia, pada tanggal 7 sampai 23 Februari 2014.Olimpiade Sochi adalah Olimpiade pertama yang diselenggarakan di Rusia sejak pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991.

Karena bertepatan dengan pemilihan umum presiden Rusia 2008, tidak ada referendum resmi yang diselenggarakan untuk memilih maskot Olimpiade Musim Dingin 2014. Sebagai gantinya, 270.000 pemilih menerima surat suara dengan gambar empat maskot yaitu Ded Moroz, kepingan salju, seekor beruang kutub, dan seekor lumba-lumba. Menurut pemerintah kota Sochi, mayoritas warga Sochi memilih lumba-lumba sebagai maskot.

Pada 26 Februari 2011, tepat pukul 23:20 (GMT+3), hasil akhir pemilihan maskot diumumkan dalam acara televisi "Talismaniya Sochi 2014 – The Final". Komite Penyelenggara secara resmi memilih beruang kutub, terwelu salju, dan macan tutul sebagai maskot:
Beruang kutub (oleh Oleg Serdechniy, Sochi)
Terwelu Eropa (oleh Silviya Petrova, Chuvashia)
Macan tutul Amur (oleh Vadim Pak, Nakhodka)


Vinicius dan Tom

Olimpiade Rio 2014

Vinicius adalah maskot Olimpiade Rio 2014. Nama maskot Olimpiade Rio diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada musisi Brasil, Vinicius de Moraes.

Vinicius adalah campuran dari berbagai hewan brazil. Desainnya mengambil inspirasi dari budaya pop, serta permainan video dan karakter animasi. Bersamaan dengan rekan Paralympic Games-nya, yang bernama Tom, Vinicius mewakili keragaman masyarakat dan budaya Brasil, serta sifatnya yang luar biasa.
Pencipta Vinicius dan Tom adalah Birdo Produções
Panggilan untuk tender untuk pembuatan maskot Rio 2016 diluncurkan pada November 2012, dan ditujukan untuk perusahaan dan profesional Brasil di bidang desain, animasi, dan ilustrasi. Setelah berbagai tahap seleksi, dewan juri multidisiplin dengan suara bulat memilih proyek akhir pada bulan Agustus 2013. Maskot Olimpiade dan Paralympic diluncurkan secara serentak kepada publik pada 23 November 2014.Selama tiga minggu setelah presentasi maskot Olimpiade dan Paralimpiade, pemungutan suara dilakukan untuk memilih nama masing-masing. Tiga pilihan ditawarkan: Oba dan Eba; Tiba Tuque dan Esquindim; dan Vinicius dan Tom. Sebanyak 323.327 suara terdaftar. Vinicius dan Tom memenangkan kompetisi, dengan 44 persen suara sah.





Olimpiade PyeongChang 2018

Untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018, pihak penyelenggara telah menyiapkan 2 Maskot yang akan menemani para atlet yang akan bertanding, dan juga para penonton yang menyaksikan.

Soohorang , Harimau Putih, yang kini dipercaya sebagai maskot untuk Olimpiade Musim Dingin tahun 2018 mendatang . Nama Soohorang sendiri memiliki arti tersendiri, 'Sooho' yang berarti perlindungan di Korea, melambangkan perlindungan yang ditawarkan kepada atlet, penonton, dan peserta lainnya di Games 2018. Sedangkan 'Rang' berasal dari huruf tengah 'Ho-rang-i', dalam bahasa korea yang berarti Harimau, dan juga hurup terakhir dari kata 'Jeong-seon-A-ri-rang', sebuah lagu rakyat tradisional Provinsi Gangwon, di mana Olimpiade musim dingin ini akan digelar.

Bandabi . Beruang hitam Asia atau disebut juga 'ban-dal-ga-seum-gom' (beruang dengan tanda bulan setengah di dadanya), melambangkan kemauan yang kuat dan keberanian dalam cerita rakyat Korea. Beruang tersebut kini telah terpilih sebagai maskot bersahabat untuk Paralympic Games tahun 2018. 'Band' sendiri berasal dari kata 'ban-dal', dalam bahasa Korea yang berarti bulan setengah. Sedangkan 'Bi' singkatan dari kata Olimpiade.

Namun dalam situs resmi Olympic.org , Maskot official dari Olimpiade di Pyeongchang hanyalah Soohorang, dan itu berarti Bandabi adalah Maskot unofficial dari acara tersebut.


Miraitowa dan Someity

Olimpiade Tokyo 2020

Maskot Olimpiade Tokyo 2020 diberi nama Miraitowa, yang berasal dari kata-kata Jepang mirai (masa depan) dan towa (keabadian). Nama ini dipilih untuk mempromosikan masa depan yang penuh harapan abadi di hati orang-orang di seluruh dunia.
 
Dengan gaya tradisional dan futuris, Miraitowa menggemakan konsep "inovasi dari harmoni". Di Dahi nya ada lambang dari Olimpiade 2020 Tokyo. Miraitowa digambarkan dalam motif papan catur tradisional terdiri dari persegi panjang biru indigo dari tiga ukuran yang berbeda.


Nama Someity juga merupakan gabungan. Yaitu dari nama Somei-Yoshino, sejenis pohon Sakura yang sangat populer tak hanya di Jepang. Dengan kata bahasa Inggris, So Mighty, yang berarti Sangat Kuat atau Hebat. Merepresentasikan bagaimana atlit paralympic dengan gigihnya melampaui halangan dihadapan mereka.
 
Pada bulan Agustus 2017, Panitia Penyelenggara Tokyo 2020 menerima 2.042 desain yang diserahkan sebagai bagian dari kompetisi terbuka untuk siapa pun yang berusia 18 tahun atau lebih dari penduduk di Jepang. Kemudian, melalui proses seleksi dalam beberapa tahap, jumlah proposal dikurangi secara progresif untuk meninggalkan tiga finalis, yang diumumkan pada awal Desember 2017.Tugas memilih pemenang dari tiga proyek finalis diberikan kepada anak-anak sekolah dasar Jepang, dengan masing-masing kelas memiliki satu suara. Periode voting diperpanjang dari 11 Desember 2017 hingga 22 Februari 2018 dan 205.755 kelas dari 16.769 sekolah berpartisipasi. Proyek Ryo Taniguchi menang dengan total 109.041 suara.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kodok Curhat

1 komentar:

avatar
Doyan Main22 Oktober 2019 pukul 00.25

Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
Yuk Mainkan Live Casino bersama Winning303..
Hadirkan Dealer Profesional dan Cantik Yang Siap Menemani Permainan Anda 24Jam Nonstop!!

Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Poker
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: +6287785425244